MERAJUT MIMPI DI SUDUT NEGERI

Baru setengah buku ini kubaca, namun beberapa kali aku dibuat takjub oleh mereka. Tak jarang pipi ini dibuat basah olehnya. Kataku ini bukan hanya sekedar buku. Namun, ini adalah harta karun yang sebenarnya. Tak berlebihan kiranya jika kukatakan ini harta karun. Bagaimana tidak, ada jutaan berlian yang tersembunyi diujung negeri nan jauh. Mereka yang terangkum dalam satu kisah, tergabung dengan alasan yang sama, dan terajut dengan kata yang bernama mimpi. Impian yang mereka lambungkan tinggi ke langit. Menjadi guru, dokter, teknisi speetboat, dan profesi lainnya yang mereka idamkan. Tak satupun impian itu diragukan oleh mereka para pengajar muda. Aku takjub. Mereka sangat indah dengan cerita yang melekat. Sangat hangat. Walaupun sangat jauh dari kota, jauh dari sinyal dan jauh dari kata nyaman terutama dalam hal fasilitas.

Siapa yang tidak mempunyai impian ? jika kau jawab tidak ada. Maka jawaban itu salah.di ujung negeri ini masih banyak anak yang masih takut untuk bermimpi. Bahkan untuk impian yang tidak berbayar itu mereka masih takut untuk itu. Sangat kejam bukan. Mereka hidup dan tumbuh tanpa impian, karena didalam benaknya mereka setelah sekolah akan menjalani hidup seperti orang tua mereka, tanpa pernah berfikir di luar desa yang selama ini ditinggali ada sebongkah harapan yang siap menyambut mereka. Namun tidak perlu disalahkan, karena sejak kecil itulah yang mereka temui. Tidak ada orang yang mempunyai impian tinggi, paling tinggi impiannya menjadi seorang ustad, pastur atau guru. Karena hanya itulah tiga profesi yang ada ditempat mereka. Tidak apa. Itulah tugas kita sebagai orang yang mendapatkan kesempatan untuk mengenyam pendidikan tinggi.

Melalui buku ini kudapati bahwa aku tidak boleh hanya berdiam diri disepetak kamar yang nyaman, dengan membaca cerita menarik mereka dari sebuah buku. Aku juga mempunyai tanggungjawab dengan pendidikan mereka. Walau tak terikat hubungan darah atau keluarga. Kita mengemban tanggungjawab itu. Yang selama ini tidak kita sadari.

Sebentar lagi ujian nasional, aku ingat betul bahwa ketika ujian nasional dulu aku sangat dibuat takut oleh soal yang bagaimana nantinya aku tidak dapat mengerjakan soal itu, bagaimana jika aku tidak lulus SD karena soal matematika yang aku sangat lemah didalamnya. Bagaiamana dan bagaimana lainnya berterbangan dikepala. Sungguh. Menurutku yang tidak jago matematika dibuat takut setengah mati oleh puluhan soal yang menuntut untuk dikerjakan dalam waktu yang sangat singkat. Dan malam ini aku teringat akan mereka. Mereka yang sedang duduk dibangku sekolah dasar, yang saat ini sedang tertidur nyenyak, sebelum esok terbangun dengan rasa khawatir karena ujian nasional sebentar lagi tiba. Aku benci mengakui kebenaran ini. Bahwa dinegara dimana kita tinggali ini, orang cerdas diukur dari sebuah angka. Sangat kejam.

Malam ini aku bertekad, aku tidak hanya akan menjadi pembaca cerita para pengajar, namun juga akan menjadi seperti mereka yang mengabdikan diri untuk negeri. Melalui pengalaman panjang yang sudah dipunyai, mereka membagikan kepada anak murid tanpa menuntut balas apapun. Mereka dengan keyakinan bahwa satu orang dengan satu impian dapat mengubah dunia ini. Tak ada keraguan yang terbesit ketika melihat wajah polos dari anak dipelosok negeri. Setiap anak berhak memperjuangkan impiannya. Setinggi apapun itu. Tak ada kata mustahil.

“jika kau tanyakan pada kami, apa yang lebih tinggi daripada langit? Dari seluruh sudut negeri kami berseru, “Mimpi-mimpi kami?”

Dan disini, dirumah ini, dipertengahan malam pada 15 april 2018 kuperjuangkan impianku. Impian untuk bertemu dengan mereka, yang aku tak tahu dimana, namun yakinku itu sangat jauh. Kuperjuangkan impianku untuk mengelana dibanyak negeri, sebelum nantinya kuabdikan diri ini untuk mereka yang masih takut untuk bermimpi. #BeraniBermimpiBesar

SAYA MARTA SULISTYANINGSIH, SIAP MENJADI PENGAJAR MUDA!

 

#BeraniBermimpiBesar #IndonesiaMengajar #MerajutMimpiDiSudutNegeri #AkuPercayaAkuBisa #Everythingispossible #PengajarMuda

Advertisements

Hakuna matata

Let’s fly and catch the happiness in the sky ❤ I love myself and you. Remember that everything is possible 

Selamat hari kartini, wanita Indonesiaku ❤

1128 etnis di indonesia membuktikan bahwa Indonesia ini sangatlah kaya. Tidak ada negeri yang lebih kaya selain Indonesia.

Adalah hak kita untuk tidak takut bermimpi untuk menjadi wanita Indonesia.

Kita diharuskan bermimpi untuk sekolah setinggi mungkin, sejauh yang kita bisa. Namun, ada satu hal yang tidak pernah lepas. Kita adalah wanita Indonesia. Wanita yang dibesarkan di Bumi Pertiwi. Wanita yang mempunyai tanggungjawab besar untuk mencerdaskan generasi.

Dimanapun kelak tempat yang kau tempati, tetaplah berbudi luhur dan berwatak indah. Untuk mencerminkan betapa beruntungnya Indonesia mempunyai wanita hebat. Wanita sepertimu yang akan mengharumkan bumi pertiwi ini.

Jika kamu mendidik seorang laki-laki, maka kamu mendidik satu orang

Namun, jika kamu mendidik seorang perempuan, maka kamu mendidik satu generasi

Memperingati hari hartini di kantor gubernur bangsal kepatihan yogyakarta

– yogya untuk semesta –

BAHAGIA HMI

Alhamdulillah alhamdulillah alhamdulillah..

Dirumah inilah kami dibesarkan

Dirumah inilah kami berani berpendapat walau terkadang terbata-bata

Dirumah inilah kami tumbuh bersama dalam segala kekurangan dan kelebihan yang ada

Tak perduli bagaimana ego beradu

Tak perduli bagaimana amarah membara dijiwa

Seakan tak perduli dengan itu semua

Kami tetap satu dalam satu jiwa

Kami tetap satu dalam rumah

Rumah kami semua

Dirumah yang kami namakan HMI

Himpunan Mahasiswa Islam

Disinilah kami akan bersama, dan selalu bersama. Walau tangis, tawa, sedih dan bahagia selalu bergulir menghampiri

Walau tak dipungkiri bosan itu pasti datang, tapi kita tidak saling pergi.

HMI selalu ada, dan tidak pernah menghardik mereka yang sedang bosan meninggalkan rumah untuk bermain diluar sana.

HMI selalu akan menyambut dengan hangat siapapun yang datang untuk kembali.

Jangan takut dan jangan merasa tidak pantas. Kita adalah keluarga. Dan selamanya akan begitu

Dihari ini, di Rapat Anggota Komisariat FIAI UII yang ke XV. 16 April 2018, tepat pada pukul 01.40 terpilihlah formatur HMI FIAI UII, atas segala izin Allah. Semoga Allah mempermudah kepengurusan diperiode ini

Barokallah Formatur Terpilih, Barokallah Kakanda Yoga Muslim Irmanda

Barokallah Himpunan Mahasiswa Islam

#himpunanmahasiswaislam #hmimpo #bahagiahmi #rumahterindah #sekalihmiselamanyahmi #barokallahhmi #rakhmifiaiuiixv

Thousand gift in one day

Malam ini aku sangat bahagia
Allah menunjukan kepadaku banyak sekali keindahan
Aku tak pernah menyesal
Dengan rumah baruku yang terletak diperumahan pamungkas
Walau kamar depan itu sedikit lebih kecil dari kepunyaan sahabatku
Aku tidak menyesal
Sungguh

Didalam kamar itu
Bisa kupandangi mentari pagi yang tersenyum
Gumpalan gula kapasku yang berarak disetiap harinya
Dan pagi ini kujumpai langit biru yang kosong tanpa awan sedikitpun
Itu sangat indah
Menenangkan

Bagaimana bisa Allah begitu baik kepadaku
Ia hadirkan pagi nan cerah
Langit biru yang kosong
Lalu datang kembali gumpalan awan raksasa yang banyak sekali membuat bentuk
Sore harinya, Ia memberikanku hujan yang sangat deras
Menambah derasnya air terjun kecil yang berada disela satu rumah disampingku

Aku tidak pernah meminta
Namun lagi dan lagi Allah sangat baik kepadaku
Ia menghadirkan malam yang sangat cerah dengan jutaan bintang yang bisa kupandangi dari jendela kamarku
Sangat jelas sekali
Itu seperti impianku
Yang mempunyai rumah dimana aku bisa melihat matahari terbit, senja yang merona, awan raksasa, langit, hujan, dan jutaan bintang dan bulan ditempat yang sama
Semoga aku bisa menbangun rumah yang kuimpikan ini
Sungguh menyenangkan!
Seperti terakhir kali perjalananku ketika menggunakan pesawat sehabis lelahnya backpacker dinegeri tetangga
Aku duduk tepat disamping jendela
Dan pemandangan indah yang tak bisa kutolak
Jutaan lampu yang berada dibawah sana
Sama seperti bintang dilangit
Mereka indah
Dan aku selalu menyukainya

Dikamar tidur kecil ini
Dan malam ini jua
Kupanjatkan syukurku kepadamu Rabbku
Selanjutnya
Izinkan aku tetap menikmtati keindahan yang Engkau berikan
Jika boleh diizinkan lagi
Aku ingin mengabadikan jutaan keindahan yang engkau berikan
Nanti, tentunya dengan kamera baru
Dan ayat yang akan kupilih sebagai backsound dari karyaku

Rindhoi aku ya Allah
Dari aku
Yang menyayangiMu 🙂

Perumahan griya perwita wisata
Helegonia
18 maret 2018
11.30

05 maret 2018

Pagi ini klayar menjadi saksi
Dimana aku menghabiskan waktu subuhku
Kali ini subuhku tepat waktu
Tidak seperti biasa
Dan akan selalu seperti itu selanjutnya

Aku suka pantai
Ia mengingatkanku dengan keheningan
Yang ujungnya tak lain dan tak bukan adalah kematian
Aku suka pantai
Ada damai dibalik deburan ombak yang menabrak karang
Aku suka pantai
Karena disitulah suka dan duka kualami
Aku suka pantai
Karena sahabatku pun juga

21 tahun kini digenggamanku
Banyak hal yang kulihat
Rembulan dengan sinisnya mengalah karena mentari akan tiba
Awan yang berbentuk buaya yang siap menyantap gula gula kapas yang berwarna orange
Jingga dan semburat merahnya mulai tampak
Walau sedikit malu malu

Seruling samudera
Ditengah tempat ini aku menuliskan harapan
Aku ingin menjelajahi banyaknya pantai
Dan tempat-tempat tersembunyi lainnya
Mereka surga yang tersembunyi
Yang akan kutemui beberapa hari, bulan dan tahun yang akan datang
Aku akan tumbuh bersama alam
Dan mengembara dibawa alam
Dimanapun dan kapanpun
Aku akan menjadi backpackers yang memegang teguh pendirianku
Melalang buana kesegala penjuru
Bertemu keluarga baru
Dan juga Tuhanku

Dua puluh satu tahun
Bersahabatlah 🙂

Untuk patah hati yang sudah berlalu dan mungkin akan terjadi lagi
Untuk semburat senyuman yang pernah datang dengan sulitnya ia hilang
Untuk segala rasa sedih, suka dan duka yang sudah dan akan dialami kembali
Terimakasih hati
Sudah membersamaiku selama 20 tahun ini
Kini di 21 tahunku
Izinkan aku melakukan pencarian diri yang lebih
Lebih dari sebelumnya

Untuk menemukan diriku, kamu dan Tuhanku 😊

There is a hope

Soooo.. I’am gonna tell you what i felt today. So crowded day. I know what dream i build. But i never think about the consequences. And today i got it.

I was started my online shop 4 days ago. And today i thought it so difficult to solve this problem. My service package is trouble. But from that trouble i knew there is a hope

There is a hope!

I find a lot of solve to my problem. And this is the time to say goodbye for something we called it “problem”

I know also you did it 😍

Be Yourself. Everyone is Already Taken

“Alhamdulillah, semuanya berjalan dengan sempurna, Allah nge-acc apa yang dipengenin. Bahkan ngasi lebih.” pernah ga si ngalamin kejadian itu ? Pasti pernah dong yaaa. Ya Allah perasaan yang kaya gini ni yang teristimewa. Allah jadi sangat dekat. Ga tau mau bilang apa. Padahal kita ngelakuin dosa banyak banget. Tapi Allah selalu baik.

“Eleehh baik darimana, aku lo selalu sial, ga pernah beruntung, ga diciptain secantik dia, ga dikasi kulit yang putih, ga punya pacar” beberapa orang atau bahkan kamu dan aku pasti pernah berfikiran kaya gini. Gapapa. Iman itu memang naik dan turun. Allah ga ngasi keberuntungan yang dikasi ke orang lain mungkin karena ingin menyelamatkanmu. Bisa aja ketika kamu diberikan rupa yang elok menawan itu membuatmu lupa. Bisa aja ketika kamu diberikan kulit yang putih, kamu akan ngehina mereka yang ga berkulit putih. Bisa aja Allah kasi kamu sangat kaya namun jauh dengan keluarga atau jauh dengan kesehatan. Bisa aja loo..

Kita ga ngelihat nikmat yang udah dikasi. Ga mungkin kamu dikasi yang buruk-buruk terus. Yakin deh. Yuk lihat disekitarmu. Ada gak sahabat yang baiknya ga ketulungan. Selalu ngingetin ketika kita mulai lalai. Badan yang selalu sehat wal afiyat. Segala kondisi baik yang kadang tertutupi karena kita mikirnya Allah ga ngasi yang baik-baik.

Semua ada porsinya. Ga mungkin Allah ga adil dengan setiap hambaNya. Termasuk mereka yang diciptakan dengan berbagai kekurangan fisik. Ingett Allah ga pernah menciptakan produk gagal ya teman. Allah sendiri ngejanjiin “jika kamu bersyukur, maka aku akan tambah nikmatmu” mereka yang bukan beragama islam saja meyakininya. Masa iya kita nggak.


Semangat! 😍 aku meyakini bahwa kamu spesial, dan tugas kita hanya menemukan sesuatu didalam diri kita, yang tak dipunyai oleh orang lain. 

Selamat mencari~

Menjelang Sempro

Beberapa tips yang aku dapetin kalau mau ngisi seminar atau jadi pembucara :

1. Jangan panik, kalo kita panik semuanya bakalan buyar ga tau kemana mana apa yang udah kita pelajarin

2. Belajar tenang, kalo tetep ga bisa gimana ? Ada beberapa cara. Pertama kamu teriak sekencang-kencangnya untuk ngeplongin hati. Kedua kamu berjalan2 sekitar 5 menit sampai 10 menitan sebelum kamu ngisi seminar *itu beneran aku lakuin loo

3. Kuasai materi, jangan dadakan karena itu ga baik. Kecuali kalau kamu tipe orang yang the power of kepepet. Bisa dapet ide banyak ketika diambang batas. (kaya ane haha)

4. Audience itu juga manusia kok, apapun yang kamu bicarain mereka juga akan mengapresiasi selama kamu ga ngawur sana sini. Tetep tenang. Dikritik ketika kita salah itu wajar kok. Wajar banget malah

5. Selalu berdoa dan terus berdoa. Ini yang paling ampuh karena kamu ga akan pernah nyangka keberanianmu muncul ketika sedang dipanggil. Audiencemu terpukau ketika mendengarkan kamu berbicara. Dan seketika kamu menjadi luar biasa. Itu semua adalah kekuatan doa. Dan Allah itu baik bangettt selama kita meminta hanya kepadaNya

Itu dia tadi tips dan triknya. Yang besok akan author gunakan ketika seminar proposal skripsi. Doain yaa sis gann. Semoga bisa mempesona dan tampil luar biasa hehe (aminin loo)

Kamu juga pasti bisa!! Yakin deh

Sebab YAKIN USAHA SAMPAI

😍

Memulai lebih awal

If you never try you never know. Anyway hari ini aku akan lebih cerita tentang diriku sendiri. Haha pasti sih ya semua cerita yang ada disini juga base on experience. Lagi dan lagi yaa. Manusia itu kadang pas lagi semangat, semangat buangeettt, dan kadang pas lagi down jadi manusia paling pesimis sedunia (alay)

Padahal ya kalo dihitung-hitung kita ngegalauin apa sih sebenernya ? Masa depan ? Iya boleh aja. Toh juga itu yang selalu bikin manusia pada panik. Tapi tau ga si sebenernya. Masa depan itu ya sama kaya masa yang hari ini kamu jalanin. Hari ini juga masa depan dari 2 atau 5 tahun yang lalu. Inget lagi deh. Kamu dulunya pasti pengen kan jadi mahasiswa dan kuliah kaya di ftv ftv. Pengen kan merantau jauh dari rumah. Pengen kan travelling kemana mana. Nah sekarang semua itu udah tercapai loo. Tapi kamu ga bersyukur. Ish ish ish

Kita khawatir tentang masa depan boleh aja. Asal jangan sia-siakan masamu pada hari ini. Hari ini gunakan dengan sebaik-baiknya. Jangan membuang waktu seperti apa yang kulakukan.

Tidurlah dengan cukup. Kurangi bedagangmu. Karena anakmu kelak berhak terlahir dari rahim yang sehat. Dan berhak mendapat tempat perlindungan yang aman. Kalau kita begadang terus akan merusak organ dan sel yang ada didalam tubuh. Iya gak. Iyalahhhh

Dan untuk segala hal baru yang baik bagimu. Cobalah. Siapa tau ia adalah passionmu yang tertimbun lama. Siapa tau dari situlah kamu bisa lebih bahagia. Bisa lebih bertambah syukur. Bisa lebih perbanyak amal. Bisa lebih semuanya.

Yuk jangan takut memulai lebih awal (kata mbak rizma amalia) karena siapa tau dari apa yang kita mulai lebih awal bisa membuahkan hasil yang lebih cepat dibanding yang lainnya.

Coba aja dulu. Iya gak. Siapa tau jodoh 😂#uhuuukkk 

Daily note 

Untuk segala hal yang kita perjuangkan. Jangan lelah. Akan selalu ada proses panjang dibelakangnya. Bahkan terlihat sulit diawal. Itu sudah menjadi bagian dari alur sukses yang kita tuju

Terkadang selalu ada kata yang berbisik untuk menyerah. Itu hanya terjadi ketika kamu tidak menemukan jalan yang pad untuk dituju. Coba putar kembali strategi dan lihat kembali apakah jalan yang sudah kita lewati benar ?

Lelah, ingin menyerah, putus asa -_- semuanya terjadi karena satu hal. Kita tidak bertemu dengan jalan yang seharusnya.

Jika ini terjadi apa yang harus dilakukan ? Ok ini pernah terjadi juga denganku. Putus asa, letih, dan ingin menyerah saat itu juga.

Apa yang kulakukan. Aku menyediakan satu ruang khusus, lebih tepatnya buku. Aku memang sedikit terstruktur. Agar otakku tidak penat aku menuliskannya dengan alur. Dan akhirnya aku menemukan polanya. Sedikit panjang dan melelehkan. Tapi dengan cara seperti inilah yang membantuku ketika sedang down. Tidak selamanya mencatat itu buruk. Hanya pembiasaan diawal yang sedikit sulit. Setelah itu semua akan berjalan dengan mudah.

Untuk apapun masalah yang dihadapi. Entah itu bisnis, tugas, skripsi, atau apapun itu. Tulislah. Catat apa yang kau anggap penting. Karena otak kita tidak selamanya akan mengingat seluruh peristiwa yang terjadi.

Mencatat juga akan mempermudah otak untuk menemukan memori yang sudah tersimpan lama. 

Ayo jangan malas. Mari mencatat dan permudah jalanmu 

Selamat mencoba ❤

This is your time 😊

Kita diuji dengan umur dan usia. Dengan apa kita gunakan dan habiskan. Sepertinya baru kemarin kita menginjakan kaki di angka yang manis. Yaitu our sweet seventeen. Dan sekarang. Ga kerasa udah berada dipintu 20 tahun’an. 

Sepertinya baru kemarin. Aku meniup lilin sebagai tanda aku sudah remaja. Dan sekarang. Usia menuntut untuk menempatkan diri di beberapa kotak yang biasa disebut dengan pekerjaan, cinta dan masa depan. 

Kini setiap pergantian umur. Ada sedikit risau didalam benak. Setelah ini apa ? Apakah kau berfikir yang sama denganku ?

Aku pernah berfikir bahwa semakin bertambah usia. Semakin berkurang juga bahagia. Semakin disebut dewasa. Semakin dibatasi untuk bermanja dengan kedua orang tua. Katanya aku sudah dewasa. Seharusnya tidak meminta untuk disuapi atau dikeloni ketika tidur.

Aku sedikit menyayangkan ini. Apakah ketika aku sudah berumur dua puluh tahunan aku tak boleh bermanja di pangkuan ibu seperti dahulu ? Apakah umur menjadi batas antara kita dan bahagia ? Apakah semakin tua kita tak boleh lagi mendapatkan itu semua ?

Itu semua adalah pikiranku dahulu. Namun, dibalik itu semua. Sungguh, ada kata ibu yang berucap “Nak.. Ibu sungguh ingin selalu mendekapmu, memelukmu, dan menyuapimu disetiap sore. Namun, kau harus menemukan duniamu dahulu. Yang akan kau isi dan kau tata sedemikian rupa bersama orang yang akan hidup tua denganmu. Ia yang akan mendampingimu kelak hingga tua nanti. Seperti ibu dan ayah. Kau masih tetap boleh tidur dipangkuan ibu seperti dahulu kala. Bercerita tentang si kecil yang mulai tumbuh dengan aktifnya. Tentang betapa sulitnya belajar memasak dan menyajikan makanan kesukaan suamimu dengan baik. Dan juga membahas tentang kepindahanmu yang akan membuatmu jauh dengan ibu dan ayahmu. Tak apa. Itulah yang membuat ibumu sangat bahagia. Teramat bahagia nak”

Ruang baru ini memang sedikit berbeda. Kau harus berusaha untuk makan dan tetap hidup dengan usaha sendiri. Tak seperti dulu ketika pulang sekolah dan makanan sudah tersedia rapi dimeja. Bermain dan pulang ketika adzan magrib tiba. Sudah tidak lagi sama. 

Kali ini peran ibu dan ayah akan kau gantikan kelak. Bersama suamimu yang akan tinggal dan hidup menua bersama. Saatnya mengajarkan arti kejujuran seperti apa yang diajarkan oleh ayah dan ibumu dahulu. 

  • Tua tak membuat bahagiamu bersama orangtuamu berkurang.
  • Kaulah yang menciptakan kebahagiaan baru dirumah hangatmu kelak
  • Mereka akan selalu ada. Walau dengan jarak yang jauh. Walau tak selalu mendapatkan telfon darimu. Walau tak bertatap muka disetiap harinya. Mereka akan tetap ada dan menyayangimu
  • Jadilah dewasa dan buatlah bangga mereka yang telah menyayangimu sejak kecil. Tetap begikan perhatian. Walau mereka tak meminta. Mereka merindukanmu. Sungguh merindukan anak yang sampai kapanpun. Tetap dianggap sebagai anak kecil yang manja walau kau sudah menua
  • Apapun yang terjadi kelak. Katakanlah kau merindukan mereka. Kau sangat amat menyayangi mereka. Dan mencintai mereka sampai kapanpun. Mereka hanya malu untuk mengatakan rindu dan sayang kepadamu. Katakanlah terlebih dahulu. Itu akan membuat mereka bahagia. Selalu dan selalu

Untukmu sahabatku yang sedang bertambah usia. Selamat mendewasa. Tetaplah cintai kedua orang tuamu. Mereka tak tergantikan oleh apapun, walau kau memiliki segalanya. Mereka tetap takkan tergantikan ❤ 

Wish you all the best, conan 👦

Hari-hari baik 

berterimakasihlah setiap dipenghujung malam. Selalu ada satu dua hal yang bisa kau, aku dan kita semua petik dari riuhnya hari ini. Perbanyak bersyukur. Disekitarmu banyak sekali orang yang baik. Teman, rekan, guru, sahabat atau bahkan pendampingmu saat ini. Berterimakasihlah dan maafkan semua orang yang menyakitimu dihari ini, kemarin atau setahun yang lalu.

Teruntuk sahabatku arini intan maulidia. Terimakasih sudah membantuku membersihkan kamarku. Semoga aku bisa sedewasa kamu umik 😘

Terimakasih terimakasih dan selalunya terimakasih. Hari ini indah, Tuhan 💛

Ayo fokus!

Pernah ga si ngalamin pake baju kebalik ? Dan baru sadar ketika udah beraktivitas kemana-mana, itupun sadarnya pas ditegur orang. Pernah ga ? 😂 hampir semua orang pernah mengalami ini. Iya kan. Contohnya aku. Hari ini UAS Strategi pembelajaran. Karena uasnya siang dan itupun take home jadilah sebelum dzuhur nyempetin tidur sebentar. Pas denger adzan kebangun, karena belum mandi, jadinya mandilah sebentar dan sholat, abis itu ke tukang print2an. Pas lagi mau ngeprint ni ya. Liat bagian tangan agak kesingkap. Aku benerin. Dan ngeliat dibagian tangan kok kaya ada yg aneh. Ngebatin ni ya. Kok jahitannya diluar. Ada yang ga beres ini. Alhasil ngeliat kebagian ke kiri dan ke kanan. Ga taunya beneran kebalik. ~…~ dengan gerakan secepat kilat ngeprint. “mas udah, berapa?” masnya pun jawab “1.500 mba” masnya sedikit ngelirik (mungkin ngebatin, ini cewe judes banget si ga sabaran) padahal biar ga keliatan orang banyak make gamis kebalik 😦

Dan cerita kedua ni ya, pas lagi dijalan dari mulai depan masjid kampus, sampe fakultas mipa, ngedengerin orang kaya ngomong. Tapi kok ga ada suaranya. Ah mungkin UII lagi testi radio atau pengeras suara untuk kampus. Dengan selonya bawa motor. Sampe sadarnya itu wajtu si pengeras suara ngomong “you can speak fluently” kok kaya video youtube yg udah didownload ya. Akhirnya ngangkat tas dan beneran itu pengeras suara yang dari tadi didenger berasal dari hp sendiri haha ga paham bisa gitu. Ga ngehnya lama banget. Sepanjang fmipa sampe depan fakultas ketawa cekikikan sendiri. Kok bisa oon banget si. Baru aja keluar kost. Udah banyak aja kejadian yang ga diduga 😂😂😂

Dari situ kita lebih bersabar dan ga melakukan segala sesuatu dengan tergesa-gesa. Mending kalo cuma baju yang kebalik, kan sekarang lagi modelnya gitu. Nah ini gamis looo haha. Mana ada model jahitannya diluar.

Kalo mau apa-apa itu lebih baik jangan tergesa-gesa. Karena hasilnya juga ga akan bagus. Pantes aja Allah ga suka perbuatan yang tergesa-gesa. Bisa nyamain syetan dan bangsanya. Hal yang kaya gini juga bisa dipicu karena kita nunda waktu untuk ngerjain sesuatu, entar-entaran. Kurang minum air juga bisa jadi salah satu penyebabnya loo. Kurang konsentrasi karena fikiran udah ruwet, ditambah ga minum air yang cukup. Jadi ga bisa fokus kann. Makanya ayo balikin stamina dan jaga diri agar tetap fokus, ngerjain apa-apa jadi enak kan

Anyway ada satu ni kata-kata yang aku suka banget. Ini jadi pengingat untuk setiap deadline tugas bahkan untuk skripsi #eaak

“MENUNDA-NUNDA”

Awalnya males biasa

Tapi lama-lama makin males

Males

Dan males lagi

Akhirnya waktu dan kesempatan yang ada

Tersia-siakan begitu saja. 

Kasihan diaa . . .

Ambil baiknya, buruknya ditinggal. Semoga dari pesan diatas bisa menjadi alarm untuk diri kita masing-masing. Keep going on, dear. Bye for now 💛

*hakunamatata*

Ustad Hanan Said 

Kadang-kadang kita harus sedikit nekat. Dengan begitu akan ada tawakkal. Baru akan dapet the power of kepepet. Dalam hal ini kita tahu bahwa kita tidak bisa mengandalkan manusia siapapun itu, selain Allah didalam setiap situasi. Dan doa itu akan benar-benar menjadi senjata. 

Jangan pernah takut untuk bermimpi. Karena muslim mempunyai senjata yang sangat ampuh. Yaitu, Doa.

Sehebat apapun manusia merencanakan, skenario Allah masih tetap yang terbaik

Perbanyak sabar dan perbanyak istigraf.

I felt it today. It so broke my heart. And i just know if Allah the best way i have.

Love ~

Who can describe about love ? Who ? They are said love is bla bla bla and bla. In my mind no one can describe it. People just can describe about the feeling when falling in love. Again, No more love is undiscribed

Feeling ? What feeling be like ?

Like one thousand buterfly is around your head. Always hear melody whenever you remember about him. And suddenly your smile is blooming and never stop when he’s coming. So unpredictable. 

One day, i felt that feeling. My smile is can’t stop blooming. I jumped very excited. Although, He not come with his body. Just one chat in my phone. But my soul give me a strange reaction. So amazing. I bad mood before. He’s come and changes everything in my mind. I just know that happiness come to me. After he came, I wrote 3 page about him. Full just about him. How lucky i am can felt this feeling! 

How can ?

I said “that’s love”

I love this quote,

“When you can see your future in her eyes and suddenly imagine both of you can spend a thousand years together. Catch her. That’s love”

No pain no gain

For everything we want it. We must fight for it. Follow the proces and take the result. But we have some consequence. One of them is time. Sometimes we must willing to not having fun. We must willing to not go to vocations. And we must willing to learning more. Reading more. And smarter more than and more.

Just talk about time. Manage your time. For a while. Decrease your happy time for a best moment you waiting for.

It’s ok your friend go to somewhere, take their holiday. Except you. Because you reject their invitation.

You have the biggest dream more than they are. So, you must learn more. Understand more. Listening more, Pray more, more, and more than before. 

Do not lose with yourself. I you can do it. Not just nike can do it. But you also can do it 😂

For scholarship.. Finland I am coming. Amin 

Truth or dare (?)

Hayo siapa yang sering banget main game yang satu ini ? Atau belum pernah sama sekali ? Kalo kamu belum pernah mainin game ini, yuk boleh dicoba. Game ini simple banget dan bisa dimainin dengan jumlah minimal 2 orang. Aturannya sederhana banget. Kamu cukup siapin botol atau pensil, atau benda apapun juga boleh (yang bisa diputar dan memiliki ujung) setelah itu kamu cukup memutarkannya diatas meja, dan untuk siapapun yang terkena ujung dari botol tersebut berkah memilih truth (menjawab pertanyaan dengan sejujur-jujurnya) atau dare (tidak menjawab, namun berhak memilih untuk diberikan tantangan dari seluruh rekan bermainmu)
Jadi ni ya, tadi game ini baru aja dimainkan. Selagi menunggu hujan reda lumayan daripada ga ada kerjaan. Dan singkat cerita botol itu bergulir dari orang yang satu dan yang lainnya. Bebas nanyain apa aja. Baik yang berkaitan dengan pekerjaan, kuliah, kesukaan, bahkan kisah cinta 😂 dan finally itu botol menghadap ke aku dan ditanyakanlah sesuatu yang sedikit privasi. Akhirnya aku memilih dare daripada ngebongkar jahitan luka #eaak dari tantangan yang diberikan ada dua beberapa tantangan, diantaranya ngelipetin seluruh mantel hujam yang ada di motor, nyatet seluruh plat motor, nganterin piring-piring kotor abis itu teriak ini piring teman saya looo, dan yang terakhir matiin saklar lampu dalam hitungan 3 detik. Akhirnya aku pilih yang terakhir. Karena kelihatannya mudah (hmm kelihatannya) dengan sedikit malu aku beraniin diri untuk ngelakuin itu tantangan. Nanya ke mas-mas yang jaga dimana cetekan lampu. Mas-masnya pun suruh langsung tanya ke manajernya. Anyway abis selesai dari itu aku ke mbak-mbak kasir. Ngejelasin abis main game dan dapet tantangan itu. Mbak-mbaknya pun ga berani dan nyuruh langsung tanya ke mas manajernya. Dan tau apaaa…. Masnya nolak. Dia ngereject ane 😕 sedih ya. Pelit amat itu mas-mas. Akhirnya aku balik dengan sedikit rasa malu. Aaaaakkk why i did it ? 😒

Tapi ni yaa permainan ini punya beberapa hikmah (walaupun terkadang gagal dan direject haha) diantaranya

1. Kamu lebih mengenal rekan mainmu lebih mendalam #eaak. Baik hal-hal berkesan atau menakjubkan yang pernah dialaminya. Atau hal-hal buruk yang pernah ia alami. Baik ataupun buruk pengalaman itu. Kamu dapat belajar pengalamannya.

2. Kamu menjadi lebih berani. Terutama dalam melawan rasa takut yang dibuat oleh dirimu sendiri. Padahal rasa takut itu sebenarnya adalah imajinasi yang belum terjadi. 

3. Kamu bisa ngebuktiin ke temen-temenmu dan terutama dirimu sendiri. Bahwa kamu bisa menepati apa yang sudah kamu katakan.

4. Kamu tau bahwa terkadang menyenanykan hati orang lain dengan permintaan yang sederhana itu sangat membahagiakan (misalnya matiin saklar cafe dalam hitungan 3 detik). 

Dan ketika menolaknya itu sedikit mengecewakan (setidaknya kamu tahu bagaimana harus bersikap kepada orang lain. Hal yang sederhana ketika kita menolaknya. Itu akan sedikit menyakitkan hati orang tersebut. Dan ketika kita tahu bahwa hal tersebut pernah menyakiti kita. Jangan lakukan ke orang lain) sederhana bukan.

Didalam game pun ada negosiasi, kesepakatan dan keputusan. Ambil hal baik dari permainan ini dan lupakan hal buruk yang telah terjadi. 

Jangan lupa untuk bahagia sobat, let’s we play the games.. Truth or dare (???) 😎

Mood booster

Kalo lagi bad mood itu mau ngapa-ngapain pasti jadi susah. Mau ini salah. Mau itu salah. Mageran. Ga mau gerak. Ga mau diganggu. Kalo bisa tetangga kamar ga boleh berisik sedikitpun. Bener ga ? Hampir sama kaya gejala yang dateng waktu perempuan lagi pms. Bedanya badmood ini ga pandang gender. Mau perempuan atau laki-laki pasti ga tanggung-tanggung pasti disamperin.

Kebanyakan bad mood itu berawal dari hal-hal sepele. Misalnya tidur terlalu larut malem dan akhirnya bangunnya kesiangan. Mulai deh itu. Ngerusak mood banget. Jadi mulai di manage ya hal yang utama tadi. Atur waktu yang baik antara tidur dan kegiatan bersosmedmu. Biasanya remaja ini kebiasaannya mantengin instagram, line, path, youtube dan beberapa media sosial sampe lupa waktu untuk besok. Apalagi drama korea. Ada yang rela-relain ga tidur untuk tamatin itu drama. Yang penting bahagia aja. 

Sebenernya bagus ngebahagiain diri sendiri dengan hal yang disukai. Namun juga harus ingat. Tubuh perlu haknya untuk tidur, untuk memulihkan lagi sel-sel yang sudah rusak. Perlu pemulihan agar besok hari kamu terbangun dengan lebih fresh dan ceria. Mereka bekerja ketika kamu terlelap tidur. Jadi kalo udah waktunya mereka bekerja kamu ga tidur. Mereka ga bisa maksimalin kinjerjanya. Yang tadinya harusnya ngebuang racun yang ada di tubuh. Ga kesampean gara-gara melek. 

Solusi untuk ngerubah bad mood menjadi good mood : cukup sederhana

Lakukan apa yang kamu sukai, karena aku suka dengan buku-buku dan instrumen harpa. Kedua itu yang ngebuat moodku jadi membaik. Yang tadinya bete banget. Jadi berkurang. Bahkan ketika selesai dari perpustakaan atau toko buku. Bisa teriak-teriak dijalan karena ngedapetin buku yang disuka Saking gembiranya. 

Kamu juga harus tahu apa yang membuatmu menjadi sangat bahagia, bahkan bisa bikin kamu teriak-teriak saking bahagianya, bahkan sampe bikin nangis bahagia. Ada beberapa orang yang dengan makan ice cream, atau siomay aja itu jadi moodboster banget. Kamu juga pasti punya kan.

Dan satu lagi ni. Hindari menggunakan sosial media dan nonton drama korea, jepang, dan drama-drama lainnya. Selain ngehabisin waktu kamu yang banyak. Itu juga sumber dari rusaknya mood kamu.

Use yourtime wisely. Satu kutipan yang aku suka ni ya, sampe di tulis di dinding kamar “the best way to make your dream come true is to wake up” yang artinya terbaik untuk mewujudkan impianmu menjadi nyata adalah dengan bangun..

Inget.. Tubuhmu perlu energi yang banyak untuk aktivitas esok hari.

So, sleep early for wake up early.

Have a great day, my dear 😊

The power of Istiqomah

Hujan dan kenangan. Wait wait tulisan kali ini tidak bergenre melankolis ya. Walaupun cuacanya mendukung. No i am not doing that right now. Oke! Karena lagi musimnya mahasiswa tingkat akhir nyekripsi dan beberapa diantara mereka ada yg nanya gini. Kunci untuk berhasil ngerjain skripsi dan lulus tepat waktu apa si ? Well aku ga akan jawab pertanyaan tersebut. Setelah wisuda tepat waktu maybe yes.
Ngedengerin kata “berhasil” semua orang pasti punya sejarahnya masing-masing gimana mereka bisa berhasil mewujudkan impian mereka masing2, termasuk aku. Siapa bilang kamu ga pernah berhasil. Hmm no no no. Kamu pernah! Percaya deh. Coba di inget lagi keberhasilan termanis sepanjang sejarahmu apa. Baik itu lulus dengan nilai terbaik, lolos di ptn impian, nikah dengan orang yang di impikan, mendapatkan job idaman. Semua itu gak lepas dari kata berhasil bukan.

Untuk kamu, aku dan kita yang sedang memperjuangkan sesuatu, baik itu wisuda tepat waktu, nikah, punya mobil impian, mahir bermain alat musik tertentu, bisa editing dengan keren tanpa celah, atau apapun itu. Pastinya kita akan melalui proses. Iya gak ? Nah disinilah proses itu bekerja. Masa iya ada yang mahir bermain gitar tanpa pernah menyentuh dan tergores olehnya. Ga mungkin kan. Harry potter (pacarku) aja bisa naik sapu terbang dengan kekuatan super duper cepat aja ada prosesnya. Walaupun jatuh dan harus ngalamin beberapa kejadian yang ga menyenangkan. Kamu juga. Kita harus ngelalui jalan yang bernama proses. Untuk berhasil perlu kesabaran dan ga kalah penting adalah perlu yang namanya ISTIQOMAH. kenapa si harus istiqomah? Bayangin aja orang yang nabung 200.000 tapi dia berhenti selama dua tahun. Dengan orang yang nabung 20 ribu perbulan tapi dia istiqomah melakukan itu setiap bulannya dalam jangka waktu yang sama. Banyakan mana kira2 ? Begitu juga apa yang kamu perjuangin.

Kalo kata om dedy corbuzier ya “saya ga tahu kunci sukses, yang saya tahu kunci kegagalan. So, if you stop you are faild” dan kata-kata inilah yang saya pegang.

Ada satu lagi ni. Kalo kata om Hanan Attaki ya. Istiqomah itu pahalanya luar biasa. Ada keajaiban yang terletak didalamnya. Ada orang yang mempunyai kebiasaan baik yang sederhana, misalnya selalu sholat berjamaah, atau selalu membaca satu surah al-qur’an setiap selesai sholat. Mereka ngerjain itu sudah tahun lamanya. Tau ga apa? Ketika ada satu hari yang mereka ga bisa menjalankannya itu udah terhitung pahala sama Allah, jadi pahalanya ga putus walaupun ia tidak menjalankan karena sesuatu alasan seperti sakit. Tapi istiqomahnya disini bukan sebulan dua bulan ya teman. Terbilang istiqomah setelah 2 sampai 3 tahun selalu dilakukan. Masyaallah ya. Gimana ga baik coba Allah. Kata om Hanan ya. Pahala yang paling Allah sukai adalah kebaikan kecil yang dilakukan secara istiqomah. Aku punya satu temen, dia ini udah ajeg dalam puasa daun. Itulo puasa yang sehari puasa sehari nggak. Dan dia udah melalukan itu 2 tahun lamanya. Masyaallah. Ga kebayang udah dikasi nikmat apa aja sama Allah. Kita yang biasa-biasa gini aja kadang suka mikir. Allah baik banget si ngasi ke kita lebih dari yang di inginkan. Gimana dia. Dududuuu…. Yuk menanam pahala. Kalo kita belum punya satu amalan yang baik dan bisa dilakukan setiap hari. istiqomah yuk buat bareng2. Toh pahalanya juga untuk kita. Iya gak?

Istiqomah ini berlaku untuk hal apapun, baik pekerjaan, rezeki, jodoh atau bahkan skripsi. Kalau dilakukan dengan istiqomah dan ajeg terus-menerus, pasti jadi kok. Dijamin deh. 

Jangan dengerin ocehan orang yang bilang kamu ga bisa. Siapa bilang. Kamu bisa kok!! Aku aja percaya kamu bisa. Masa kamu ga percaya sama dirimu sendiri ❤

*hakunamatata* 3 januariku


NB :

Kalo kamu punya kritik dan saran. Atau mau request topik apa yang akan dibahas. Boleh banget komen dibawah yaa.

Anyway.. Kalo kamu juga punya pengalaman yang unik tentang manis pahitnya keberhasilan yang sudah kamu raih. Apapun itu. Yuk saling share di kolom komentar. Siapa tau komenanmu itu bisa menjadi penyemangat untuk orang lain. Dan dari komenan itu kamu mendapatkan pahala juga dari Allah karena berhasil menyelamatkan orang lain dari stress, frustasi, bunuh diri dll. (eh ini serius lo ya!) siapa yang tau apa yang akan terjadi kedepannya. Iya kan ya ?

Pengalaman apapun itu, tuliskanlah. Aku akan sangat senang bisa membacanya 😊

Take a break ❤

*Hakunamatata* 2 januariku

Mengawali sesuatu memanglah tidak semudah apa yang orang katakan. Terlebih setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam mengolah sesuatu. Ada yang cepat dan ada yang lambat. Semua itu tidak buruk. Mereka yang menjadi pelaku pasti lebih mengetahui harus apa dan bagaimana. Tugasku dan tentunya tugasmu sangat sederhana. “menerima perbedaan”

Ketika mengawali di masa perkuliahan sama sulitnya ketika akan mengakhiri. Semakin kesini banyak diantara rekan bakhan sahabatmu saling berlomba untuk menyelesaikan kewajiban dan amanah dari orang tua masing-masing. Skripsi atau tugas akhir menjadi salah satu tantangan bagi mahasiswa yang ingin menyandang gelar sarjana.

Persainganpun semakin sengit, ada beberapa orang yang sudah selesai dengan proposal skripsinya, ada yang sedang bergelut dengan revisi yang tak kunjung selesai, dan adapula yang masih setia mencari permasalahan untuk judul skripsinya. Berwarna bukan 😂

Skripsi menjadi ajang yang menyenangkan. Dimana ada negosiasi antara “diri yang rajin” dengan “diri yang malas”, mereka berdua ada didalam diri setiap individu. Tidak jarang mereka saling bertengkar dan menyalahkan. Si rajin inginnya ontime dan cepat selesai. Si malas menganggap nanti saja. Jika niat pasti akan selesai pada waktunya. 

Mereka berdialog dan saling bertengkar, ketika kau sedang bersama sepi. Cukup menyenangkan menjadi orang ketika, mendengar mereka berargumen dan akhirnya kau memutuskan untuk berada dipihak yang mana. 

Dan ketika sudah dibuat keputusan, jangan menyalahkan siapa-siapa untuk keputusan yang sudah diambil. Itu adalah pilihanmu. Nyalahkan kok nyalahkan orang. Nyalahkan itu ya diri sendiri. *anyway itu kata mamak ane* 😎

Hal seperti ini tidak hanya berlaku untuk skripsi, namun juga untuk pekerjaan lainnya. Entah itu berdagang, menulis, membuat karya dan lainnya.

Ketika kita sudah sangat penat dengan tugas atau pekerjaan yang dilakukan, dan saat itu kita tahu batas tubuh kita sampai dimana. Cobalah break sebentar. Ambil jeda. Cobalah berkeliling melihat rerumputan hijau, atau mendengarkan musik atau istrumen kesukaanmu, bisa juga kau ambil jeda ini untum menelfon orang terkasih, terlebih orang tua. Tidak perlu waktu sehari atau seminggu untuk break dari tugas dan pekerjaan yang sedang dilakukan. Cukup 15-30 menit, atau jika rindu 1 jam juga tak apa untuk mengobrol dan bercerita bahwa kau baik-baik saja diperantauan. Ceritakanlah bahwa kau mampu menyelesaikan seluruh tanggungjawab yang ada kepada orangtuamu dengan keyakinan yang penuh. Ketika sudah selesai dan energimu sudah terisi kembali. Ayo selesaikan. Dan jangan menunda terlalu lama. Sebab ketika sudah ditunda. Mereka akan beranak pinak, dan semakin di tunda semakin berat tekanan batinnya.

Kerjakanlah, sedikit demi sedikit. Buat target yang pasti. Harus berapa halaman, berapa paragraf, atau berapa gambar yang harus diselesaiman. Pasti akan rampung dan membuatmu tersenyum bangga. 

“akhirnya selesai juga” 😂😀😁😭 

Aku merindukan kata itu dan sedang berjalan kearahnya, apakah kau juga (?)

Welcome home 2018

Satu menit terakhir di 1 januari 2018

Ini yang kutulis sebelum tanggal 1 berganti menjadi tanggal 2

Ketika berbicara tentang tahun baru, tentunya setiap masing individu mempunyai target dan impian yang berbeda ditahun ini. Ada yang berkeinginan ini dan itu. Tidak jarang hal tersebut kita sebut sebagai resolusi 2018

Hmm ini hal yang biasa terjadi, semangat yang luar biasa hadir tanpa diminta. Ia seakan menjadi komandan untuk diri sendiri.

Ketika berbicara resolusi akupun mempunyai resolusi ditahun sebelumnya, dan itu hadir ketika menyambut kedatangan 2017 yang lalu

2 diantara banyaknya resolusiku akhirnya tercapai, dengan sedikit nekat dan keberanian kugapai *drama*

Anyway menggapai resolusi itu tidak mudah, harus tertulis kataku jika kamu ingin hal itu terwujud.

Aku menuliskan judul besar resolusiku tahun lalu, dan itu terlupakan begitu saja dimana aku meletakannya. Hingga akhirnya tergapai dan aku menemukan kembali coretan impian yang kutulis. Ajaibnya aku seperti mendapati tulisan itu dengan berkata “hai kertas, pena dan aku, aku mengalahkanmu!”

Aku disitu kutiskan tidak lain dan tidak bukan untuk diriku sendiri. Aku sedang berlomba dengan aku yang lain. Dan akhirnya aku memenangkan pertarungan tersebut 😂

Untuk yang bertanya “apa 2 resolusiku diantara resolusi lainnya yang istimewa?”

1. Dibulan februari 2017 aku berhasil keluar negeri untuk yang pertama kalinya, dan itu kulakukan dengan ala ala backpacker 😅 dan ini kujanjikan didepan 12 rekanku diakhir tahun 2016

Thailand, terimakasih kau mengajarkan tawa dan tangis dalam satu paket perjalanan

2. Agustus 2017 aku kembali berpetualang di negeri orang. Thailand untuk kali kedua. Bedanya kali ini lebih terstruktur dan terencana. Berbeda dari pertama kali yang hanya 7 hari di Thailand. Kali kedua aku sebulan berada di negara tersebut. Ada bonus yang kudapatkan. kali ini aku menginjakan kaki dinegara yang tak sempat ku kunjungi ketika februariku yang lalu. Malaysia. Aku kembali berpergian satu hari penuh dengan “sendiri” i got a friend again. Hi mizuki *i hope you read this* 😀

Dari banyaknya resolusiku, impian ini yang membuatku mengangis berkali-kali

1 tahun 1 bulan penantianku untuk dapat merasakan berada di negeri entah berantah. Entah berapa kali aku menangis ketika memandang pasporku haha *alay!!

Bagaimana dengan 2018ku ? Aku pun mempunyai impian di tahun ini apa saja yang wajib kukantongi. Tunggulah ceritaku ❤

Untukmu yang bertanya bagaimana caranya. Tentu saja aku membuat resolusi. Tidak hanya berhenti di resolusi saja. Namun diselipi dengan rencana yang bertahap. Itu kudapatkan dalam pelatihan yang ku ikuti di akhir tahun 2016. That was amazing

*Make a plan with smart method* stay tune if you want to know about that. Of course version by me 😛

I want you show to me and say it also to yourself “finally, i did it”

Fighting, my dear!!

Mamak teristimewa ❤

Biasanya kalo lagi sore2 pasti ada aja mamak-mamak yang bawa sepiring nasi campur, karena tau anaknya ga suka makan nasi

Karena pengen, jadilah isengin mamak

“mak….. Aaaaaak” senyum yang paling manis pun dilemparkan sambil buka mulut berharap ada sesuap nasi yang masuk walaupun tau itu jatah makan untuk adek yg masih kecil 

Karena naluri seorang ibu, tega ga tega ditambah kasian 😂 akhirnya masuklah satu suapan nasi campur (yang isinya cuma nasi, ikan dan tahu sedikit. Dibilang nasi campur ya karena semuanya di ulek jadi satu dan tinggal nyuapin pake tangan)

Yeyy!! Satu suapan mendarat

Satu suapan yang bikin nagih banget banget bangeeeettttt

“mak…. Aaaak lagi”

“ambil sendiri sana, udah gede masih minta disuapin” 

Karena pengen lagi dan ga dikasih waktu suapan kedua

Yaudah ambil makan dengan cara yang sama di ulek kaya punya mamak, semuanya dicampur jadi satu

Tapi yaaa 😦 Ga tau kenapa 

Padahal nasinya sama

Lauknya juga sama

Nguleknya juga sama, sama-sama makan pake tangan pulak

Tapi tetep ada aja yang beda
Mungkin karena suapan dari seorang mamak jauh lebih istimewa dan ga tau kenapa lezatnya makanan jadi berlipat ganda. Terlebih suapan yang langsung dari tangannya mamak T_T
Tadi ga sengaja ngelakuin hal yang sama 

(makan nasi campur)

Dan tibatiba jadi rindu makan disuapin pake tangan 😢

Throwback (。’▽’。)♡

Allahku….? Salahkah ?

Salahkah ketika aku jatuh cinta dengan seseorang yang amat dekat dengan kata sempurna ? Sedang ia menyukai kesempurnaan lainnya.

Itu adalah tulisanku sekitar satu tahun yang lalu, dan kutuliskan ini pukul 3 pagi pada tanggal 16 oktober 2016. Entahlah. Jika hati berbicara kapanpun dan dimanapun. Ia tak perduli waktu. Tugasku hanya mengabadikan apa yang sempat terlintas dihati lewat tulisan. Saat itu aku sangat mengagumi seseorang karena ia mahir dalam memainkan sebuah alat musik. Dan ketika bernyanyipun ia sangat mempesona. Ditahun ini aku melihat kembali apa yang kutuliskan. 

Ternyata perkara hati tiada yang tau. Kapan kita akan dipertemukan dengan seseorang yang membuat hati kita terpaut dalam dengannya. Atau masih erat terikat dengan seseorang dimasa lalu. Tidak apa. Sebab tidak semua hal dapat berubah dengan cepat. Apalagi perkara hati. Jika kau mampu mendamaikan dirimu dengan masa lalumu maka hatimu akan cepat pulih dari luka. Jika tidak maka waktulah yang akan berperan.

Pagi ini aku tidak menggalaukan soal cinta. Hanya saja ketika pesantrenisasi KKN kali ini aku bertemu dengan tulisanku setahun lalu. Semoga sedikit membantumu 😁

Mari berdamai dengan diri sendiri, masa lalu dan dengan masa yang akan datang ❤

Jangan dikira cinta datang dari keakraban yang lama dan karena pendekatan yang tekun. 

Cinta adalah kecocokan jiwa dan jika itu tak pernah ada, dalam hitungan tahun bahkan abad.

Kahlil gibranku

Surat untuk (?)

Anggap saja ini perwakilan hatiku untukmu ❤

Teruntuk kamu hidup dan matiku

Aku tak tahu lagi harus dengan kata apa aku menuliskannya
Atau dengan kalimat apa aku mengungkapkannya
Karna untuk keberkian kalinya
Kau buat aku kembali percaya akan kata cinta
Dan benar bahwa cinta masih berkuasa diatas segalanya
Ketika hati yang mudah rapuh ini 
Diuji oleh duniawi diuji oleh materi
Untuk kesekian kali lagi lagi dan lagi

Bangun Pagiiiiiii ?

Kenapa banyak orang sangat sulit untuk bangun pagi ?

Well karena prinsipnya gini: “kamu bangun sesuai dengan waktu kamu tidur”. Jadi keimpulannya tidurlah seawal mungkin. Karena itu mempengaruhi waktu ketika kamu bangun.

Manusia diberikan tubuh, dan selama tidur tubuh itu terus meregenerasi apa saja yang rusak dan apa saja yang cacat didalamnya.

Ketika kita persingkat waktu tidur dan menginginkan bangun yang awal. Itu sama aja memaksa tubuh untuk bangun padahal belum waktunya.

Alasan utama kenapa sulit untuk bangun (begitujuga aku)

Mari tidur lebih awal seperti apa yang contohkan nabiku. Beliau setelah isya jarang melakukan hal-hal lainnya. Yang sering beliau lakukan adalah quality time bersama istrinya. Bercerita dan mendengar salah satunya ❤
Let’s sleep early for wake up early

Memang butuh sedikit paksaan diawal

Seperti aku

Iya aku
2.12.17

5.45 untuk pesantrenisasi KKNku

I can do it 🐢

RISOL (U) S1 DESEMBERKU

01.12.17 (23.35) aku mencintaimu

Aku Marta Sulistyaningsih. Mahasiswa semester (yang katanya) tua. Tapi aku tidak merasa bahwa itu tua. Malam ini aku sedang dilanda stress ringan. Karena kanan dan kiriku memaksaku untuk segera menemukan judul yang tepat untuk kuajukan. Dan itu sangat merepotkan. Aku harus mencari judul skripsi yang itu tidaklah mudah. Someone say “buatlah skripsi dari apa yang kau cintai” dan aku tidak mencintai satupun mata kuliah di jurusanku. Kali ini aku tidak bercanda teman. Aku tidak menyukai seluruh mata kuliah yang ada. Kalaupun suka mungkin itu sedikit hidayah yang kudapatkan. Baiklah. Malam ini aku mendapatkan AHA!

Aku akan menghatamkan sejarah tentang nabiku

Dan menjadi penutur cerita yang baik dengan mengaitkan fakta bahwa nabiku adalah sebaik-baiknya guru yang ada di bumi. Dan ialah yang mengawali guru-guru hebat di dunia. I love it so much!!!

Dan dengan adanya aku di muka bumi ini, aku akan memperkenalkan nabiku kepada seluruh orang yang kutemui. Aku akan membuat itu terdengar menakjubkan dan menumbuhkan imajinasi mereka terhadap nabiku dan terhadap apa yang mereka alami. Bahwa hidup bukan sekedar menggalaukan masalah jodoh atau uang bulanan yang tak kunjung banyak ketika disisihkan. Terlebih menjadi anak kost yang jauh dirantau. Baiklah tidak akan kuteruskan ceritaku ini. kau akan galau membacanya.

Dan resolusiku dibulan ini adalah aku dapat sempro dengan judul yang amat aku sukai. Dan aku menggebu-gebu dalam membuatnya serta mencari referensi tentangnya. Ah semesta. Bersamailah aku.

 

Unpredictable!

jadi, jika hidup harus terus sesuai dengan apa yang kau mau. lalu apa lagi menariknya? kau boleh melakukan sebuah perjalanan, yang dimana mencari jati diri atau pencarian terhadap Tuhan yang menjadi alasanmu. Kataku bebas! kau boleh pergi kemana saja dan bertemu dengan sesiapa. Sungguh! Manusia adalah wujud Tuhan yang paling nyata.

Ketika rencana yang sudah tersusun rapi menjadi buyar, bahkan tak satupun yang kau dapat. maka selamat! keajaiban sedang berjalan ke arahmu. percaya atau tidak. Kau akan bersyukur atas ketidaksesuaian yang hadir. Biarlah saja. Mengalir tak selamanya buruk. Terkadang itu adalah ancang-ancangmu untuk mengambil lompatan yang jauh.

Sebuah tulisan bukanlah guru yang menggurui, ia terlintas begitu saja dari pengalaman dan akan menjadi pengingat bagi sang penulis itu sendiri~

Kau, aku, dia dan mereka mempunyai warna keajaiban yang berbeda. Jadi jangan disamakan. Kau unik dengan dirimu ❤

Yogyakarta, 21 November 2017 – Hakunamatata

BEFOREnya KEMAH NUSANTARA


Well, denger kata kemah mungkin kedengerannya asik banget ya. Ditambah udah kuliah dan menginjak di semester tua. Uhuk. Tapi itu untuk orang ya. Untuk aku pribadi bukan mahasiswa tua. Tapi maba (mahasiswa backpackeran) -_-

Dan kemah kali ini bertempat di Lebak, Serang, Banten. Wuu jauh ya! Disitu kita bakalan camp di pantai sawarna, pantai yang katanya cantik pake banget. Hmm lets we see!

Jadi ni ya rencana awal kita yang dari Jogja bakalan berangkat 5 orang, ane dewean yang perempuannya, hiks. But its ok lah ya. Kan yang dicari pengalamannya. Siapa tau aja nanti kesana ketemu (?) hm mulai deh

Rute perjalanan: dari 5 orang yang tergerakan hatinya ini kita akhirnya buat rute yang memakan bugdet yang paling minim, biar bisa nyampe tempat dan dapet bonus jalan-jalan selain yang dipantai itu. Jadilah rute yang dipilih rute kereta api. Tut tut tut. 

Nah rutenya Jogjakarta  Jakarta  Bogor  Sukabumi  Serang Banten dan baliknya juga sebaliknya. Tapi ternyata yang 3 orang ga jadi ikut dan memilih alternatif lain. Yaudah lah ya. Masa iya mau dipaksa. Akhirnya yang berangkat aku sama si chanda a.k.a ce. Kita prepare apa aja yang mau dibawa hingga hari H yang ditunggu dateng juga. Jujur ya berasa cepet banget. Tiba-tiba udah hari H aja. Dan tau apa. Belum prepare sama sekali haha. Si ce ni ya dia dari dua 3 atau 4 hari sebelum berangkat udah heboh aja nyariin barang dan mau buat planning perjalanan. Ujung-ujungnya aku anggurin dengan berbagai alasan tolakan. Padahal sih selo-selo aja (haha maapin ce). Eng ing eng. Hari H tiba dan bener yang terjadi. Kelabakan nyari barang kesana sini. Walaupun maksain tetep nyelo. Yang dilist udah semua. Kita berangkat tanggal 2 ni. Karena acaranya dari tanggal 3-5. Sebenernya ya ga banyak banget yang disiapin. Yang urgent ni ya baju, kompor sama lampu tenda udah. Sama carrier juga ni (ceritanya biar keren ga taunya ngerepotin) -_- dan itu semua didapet di hari H. Baju belum bisa diambil karena masih diloundry dan ibu loundrynya ternyata lagi di wonosari. Nah loh. Waktu nelfon ibunya datengnya baru jam 3an. Dan tiket kereta jam 5. Yaudah mau gimana lagi kan ya. Tunggu aja. Masa iya disusulin. Lalu tas kompor dan lampu? Tenang itu udah diambil paginya. Minjem ke icha sama alan. Alhamdulillah mereka baik. Abis itu ngapain? Yaudah youtubean sambilan nungguin ibu kost. Sepatu gunung dan baju-baju masih diloundry. Paling beli sayur untuk dibawa dan beberapa logistik untuk nanti kemah. Karena siang itu ngantuk yaudah jam 1 sempetin tidur sampe dapet noh setengah jam. Lumayan kan. Abis tidur ga lama ibu loundry telfon yaudah langsung cus ambil baju sepatu dll. Siap packing dan ternyata kebanyakan. Ga muat carriernya. Bongkar lagi dan lagi sampe akhirnya udah putus asa yaudah masukin aja beberapa baju sama peralatan yang mau dibawa. Sayang beberapa kacang dan jajanan ga kebawa saking ga muatnya. Abis itu telfon si tubagus yang janjinya mau nganterin ke stasiun. Ga taunya ga bisa dihubungin. Yaudah karena ce bilang dianterin imam (sebutan ketua umum) aja, akhirnya bawa motor ke komisariat HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) ❤ biar dianterin. Dan 16.50 sampe distasiun. 10 menit sebelum berangkat -_- tapi alhamdulillah ga ketinggalan. Udah diomelin aja sama si chandra haha. Kapan coba si tatak ga ngeribetin orang.

Berangkat jam 5 dan tiba di pasar senen jam 3. Astaga. Seriusan lama banget. Harusnya dijadwal itu ya sampe jam 1 pagi. Tapi ngaretnya. Dan akhirnya nunggu di emperan stasiun pasar senen dengan jutaan orang yang sama nasibnya kaya yang lain, yaitu nungguin kereta pagi wks. Ya Allah pertama kali ke ibukota. Haha udiknya aku. Hmm. Dulu mah pernah ya tapi Cuma di bandara Soekarno Hatta doangg numpang transit d38730wf=2-39 -_____- dan katanya itu ga afdhol. Nunggu distasiun ni ya ada juga ceritanya, mulai dari model orang-orang yang tidur antara tenang ga tenang karena jagain barang-barang. Ada juga yang modus-modusan dan ada juga yang so sweet setibanya distasiun langsung menunaikan sholat. Walaupun musholanya ditutup ya tapi tetep memanfaatin tempat yang ada didepan mushola. Dan itu indah banget. 

“Ga ada suara yang lebih indah selain suara takbiran dan ngaji sama lagu kebangsaan negara Indonesia serta lagu Tanah Airku ketika berada jauh dari Indonesia dan jadi minoritas serta jauh dari saudara muslim. Saking indahnya bisa bikin nangis ga ketulungan. Beneran deh. Asli! Itu serpihan perasaan sewaktu PPL dulu ya 😀

Ga lama adzan subuh pun berkumandang. Mushola dibuka dan ditunaikanlah sholat. Sedikit info ya Mushola di stasiun pasar senen ini nyaman. Memuliakan perempuan karena tempat wudhunya yang tertutup dan langsung masuk di ruangan sholat khusus untuk perempuan. Alhamdulillah ya. Dan ditutup kalo udah malem, takutnya pada tidur dimusholla dan ngiler sembarangan -_- Abis sholat packing barang ulang. Karena packingannya ga bener. Ehem. Packing selesai dan nanyalah si ce ke mas-mas samping kita duduk. Gimana pesen tiketnya. Udah tau infonya kita langsung ke tempat pemesanan tiket. Dan jamnya Cuma jeda setengah jam KRLnya. Alhamdulillah lagi ya. Ce ini baik banget. Aturan kan yang bawa carrier yang super berat itu aku ya, nah ini nggak. Naluri laki-lakinya keluar dan ga tega cewe bawa berat. Akhirnya aku bawa daypacknya dan dia bawa carrier yang isinya perlengkapan cewe semua. Makasiii ce! Ps: gini-gini aku masih perempuan beh!

in frame: KRLnya jakarta. ga buruk2 banget kaya kebanyakan kata orang 😂

Berangkat dari Komputer Line (KRL). Kita dikasi kartu, yang nantinya kalo udah sampe ditukerin lagi jadi duit lagi. 2 orang habisnya sekitar 30 ribu. 10 ribu untuk kartu dan 5 ribu untuk tiket dari stasiun pasar senen ke Bogor. Gila ekonomis banget kan. Ke bogor ga perlu kena macetnya ibukota dan murah lagi. Jeng jeng. Jam 8 baru sampe. Haha lama juga. Nyampe juga di stasiun KRL bogor. Dan kita memutuskan cari makan dulu sebelum melipir ke Bogor. kita sepakat makan yang ada nasinya. Karena dari semalem belum makan. Ngeliriklah kita ke soto daging. Akhirnya. Salahnya kita ga nanya seporsi harganya berapa. Pas udah selesai bayarnya 34 ribu haha. Asyem seporsi 17 ribu. Lumayan kan T_T

Selesai makan kita rencana ke Kebun Raya Bogor. ya allah ga pernahnya planning mau kesini. Dan akhirnya kesini di umur 20 tahun. Terharu 😦

Kita naik angkot nomer 02 yang nanti ngelewatin Kebun Raya Bogor. dan murah juga tarifnya. Kalo ga salah 8 ribu per orang. Daaaaannnnn AKHIRNYA NYAMPE KEBUN RAYA BOGOR 😦 HIKS SENENG, SEDIH, BANGGA DAN TERHARU. ALAY 😀

Untuk edisi KEBUN RAYA BOGOR. To be continue yak!!! hihi

Yuk tinggalkan jejak dikomentar, biar yg nulis seneng tulisan recehnya akhirnya dibaca sama kamu. dikomen ya!😳😍

WEIRD DAY

Mon – Tues 16-17.10.17 | 2.18 am
You know what time i wrote this. That is about 1.38 am. And i have a class in this early morning. I know i am not a teacher, i not a smart girl with advance english level. I just change my president who is can not come because he is stay in jakarta today. And that is not the first what i want to talk to you. You know someday weird things is comes to someone with the unpredictable ways. And this way is so weird. Tonight actually i have schedule with my stupid friends. I have two friend who have the same dream. That dream is want to make her body is be a slim and that is so useless wk. But i love them. Every night is a rutinity to make a stupid dinner. You know. That is every day and with same friend. Like i didn’t have a friend except this girl. But we are same. We hate to eat alone in the restaurant or some warteg and we don’t like a lot of people. Just go and do when her chat in whatapp is come. “tata where are you?” “let’s we eat” and that word is same. Everyday!

And suddenly i canceled my invitation dinner wks i don’t know how the true grammar. Actually this night is not same with the last night. When we eat just two people. Me and fadiah. Like some couple who use the couple tsirt and that is black. We love black so much. But we don’t like to be same. And tonight fatimah is join with us. We have a group and the name of group is “grup langsing” you know what i am not fat but they keep invited me in that group. Finally we have a planning to eat together. After isya prayer i saw the timeline of line and i find the things that make a cry and sadness. So deeply sad. I saw in that timeline have a post about the video of the HELL. And i saw the video. All of the video. Suddenly i felt in my heart is have a something different. Like so hard for my heart. Like a children cry with the long time and cry with the sick voice. That we called it “terisak-isak” hue i can not explain this. I just felt my heart is say to me please don’t keep me in that hell. It so sick. I don’t want to be there. And one part of me cry and cry. I cancelled the dinner. Just sad in my heard and it feel so tired. When you cry with the long time. And i hate crying in the front of the people or cry when i am alone. I never cry like this. Unstop and i just see this is until when i cry like this. One part of me say i must and must delete my picture who the aurat is can see. I delete all of my face in the picture. My instagram now is nothing the picture. How amazing the hell is make me change my mind. I love my picture when i stayed in thailand and malaysia but my part of me just say just delete it. That is not important than my parents. I just show who i am and don’t think about my parent. I just think i am afraid when i die tomorrow and that picture is keep see by the people. And that picture bring my dad to go the hell. I don’t want.

What i do after i cry? I know what do you think about the story after i cry. Hmm so difficult. The rain is comes and i am hungry. You know when you stay in dormitory without some food in your mini freezer. That make me crazy. I am hungry and can’t cook cause didn’t have a kitchen. And what i do? I just eat chocolate and some chiki and peanut. I have a bread. But almost expired and i keep eat it wk. And drank a lot of water. And after that the hungry is gone. I am happy. Actually not -_- i wasting my time with chat with my friends until 9.40 pm and until 10  i stoped to make a relationship with my phone. I decided to watch a youtube from hanan attaki and some people i like in youtube and reading a book. How can? That is possible. I just hear from the youtube and readed a book. So simple right? And i do that untill 11 pm. And after that i continue to reply the massage from my friends and i watch a youtube again about Reza Oktavian birthday in youtube a.k.a Arap. I watch until almost 1 am. And i am so sleepy. I go to bedroom to mash my face and care with my teeth. I take a wudhu and pray 2 rakaat of taubat . I don’t know. My heart want me to do that. After i pray i read qur’an in surah al-mulk. Actually when i read before i sleep is just so so. But tonight. No i mean is midnight is so weird. In surah al-mulk. In the last of the part of surah i felt something different again in my heard. I imagine when i married and i call my mother. And i am happy with my husband but my mother is still work. I don’t want to imagine that. That is suddenly. And i felt so sad again. And you know what is the next right? I cry.

I know the God is sended me to that family is to make that family feel the true of happiness. Can continue my study untill university that i never imagine before. That is my father dream. Want to be a lecture. He faild. But he can make his children feel university step. I proud of them. They are so caring with my future. They don’t think how much money they spend for me. They just wanna me be a better person with a better life. I proud of them. I want to make they are proud of me too. I want and i will show to them i can to be lecture like my dad dream. I want to make my dad dreams come true. And my mom dreams is come true to holiday in the long time and in the other country. I want too. They are felt like what i felt before. I will show them i can continue my study with schoolarship in Finland. I want to show them that i can build a school too to the others kids. With limited economy. I want to show them i can be a good people. Not a naughty girls like i do before. I can to that mom, dad. And finally your little girls is come to be a better person. With two different character. From you are. I love you!